Web Hosting Gratis dari Google

Diposting oleh : Arlia veet | Dirilis : 5:59 PM | Series :
Melalui Google App Engine, Google menawarkan bandwidth, database, dan penyimpanan file secara gratis. Layanan tersebut masih berupa preview, sehingga tidak semua orang dapat mencicipinya sekarang – saya juga masih menunggu dibuatkan account oleh Google.
Website Anda akan menggunakan server performa tinggi milik Google sehingga tidak perlu lagi susah-susah membayar hosting lagi jika website Anda tidak melebihi batas, yaitu disk space sebesar 500 MB dan “bandwidth yang cukup untuk 5 juta pageview (tampilan halaman) per bulan” (angka matinya 10GB). Kebutuhan bandwidth atau space tambahan dapat dibeli dari Google (walaupun dalam edisi preview, hal ini belum bisa dilakukan). Jumlah ini SANGAT BANYAK untuk web hosting gratis. Sebagai perbandingan, blog ini hanya menggunakan space sekitar 40 MB dan bandwidth tidak sampai 1 GB per bulan.
Website yang dibuat dengan layanan ini dapat menggunakan nama domain sendiri seperti leapon.net, atau dapat menggunakan subdomain gratis di bawah appspot.com (misalnya leon.appspot.com).
Kalau kita mempertimbangkan nama besar Google yang sudah menjadi “raja“nya dunia internet, maka layanan ini pasti akan sangat bermanfaat dan dapat diandalkan. Tidak perlu lagi kita takut server kita mati / down atau kehilangan data, karena Google sendiri mengatakan bahwa aplikasi yang dibuat di Google App Engine akan memiliki performa yang sama dengan layanan Google yang lain seperti searching dan GMail.
Apalagi Google akan mengintegrasikan berbagai produknya ke dalam layanan ini. Sekarang saja, para pengguna Google App Engine bisa menggunakan Google Account di dalam websitenya, sehingga setiap pengguna tidak perlu membuat account baru, cukup menggunakan Google Account masing-masing.
Hanya saja, sampai saat ini Google memaksa semua orang untuk menggunakan Python dalam pembangunan website-nya. Sebesar-besarnya harapan Google untuk menyebarkan Python ke seluruh dunia, mereka tetap harus sadar kalau banyak orang yang tidak menggunakan Python dalam aplikasi servernya melainkan bahasa lain seperti PHP atau Ruby. (Google merencanakan (baca: mungkin) akan menambah support untuk bahasa lain.) Selain itu, kita juga dipaksa untuk menggunakan framework orisinil milik Google yang tidak menggunakan SQL; kita diharuskan mempelajari GQL (Google Query Language) yang mirip SQL tetapi memiliki fitur yang lebih sedikit. Django (seperti Drupal, Joomla dll. tetapi lebih bersifat framework, bukan aplikasi) bisa berjalan di Google Web Apps, bahkan sudah di-install secara default oleh Google – tetapi fitur yang menggunakan SQL tidak dapat digunakan.
Memang menarik tawaran dari Google ini, tetapi selama mereka belum memasukkan bahasa lain seperti PHP atau Ruby, sepertinya layanan ini belum akan digunakan secara profesional. Mungkin hanya “anak-anak kecil” (seperti saya dan teman-teman lain yang tidak punya uang untuk sewa server :D) yang akan mencoba membuat website di atas framework milik Google ini.

by : http://leapon.net

Last Episode

SLOT IKLAN 300x260

Tag :
Anda Sedang Membaca Web Hosting Gratis dari Google, Anda Sedang Berada di Artikel Web Hosting Gratis dari Google, Artikel terkait dengan Web Hosting Gratis dari Google, Anda bisa Share Artikel Web Hosting Gratis dari Google Jika menarik.
0 Komentar untuk "Web Hosting Gratis dari Google"