Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk

Diposting oleh : Arlia veet | Dirilis : 5:12 PM | Series :
Sebenarnya cara membuat setup Windows 8 ini bisa dilakukan dengan cara install Windows 7 dari Flashdisk (klik untuk melihat tutorial) yang telah saya bahas juga di blog ini. Namun, pada artikel ini saya akan membahas cara lain dalam membuat instalasi Win 8 dengan flashdisk. Jadi Anda mempunyai 2 pilihan dalam membuatnya.
Sebelum mulai membuat setup Windows 8 denga flashdisk tanpa menggunakan software, Anda perlu mempersiapkan 2 hal yaitu:
  1. DVD Instalasi Windows 8 atau File ISO-nya juga boleh. Namun jika Anda hanya mempunyai file ISO, Anda mesti mempunyai software untuk me-mount file iso tersebut.
  2. USB Flashdisk dengan kapasitas minimum 4 GB. Pastikan flashdisk tidak berisi file-file penting karena nantinya akan di format.
Perlu Anda ingat, proses pembuatan instalasi Windows 8 ini harus dilakukan pada computer yang menggunakan Windows Vista, 7 atau Windows .
Setelah semuanya siap, berikut langkah-langkah pembuatannya:
  1. Buka CMD dengan hak Administrator. Caranya, klik Start » All Programs » Accessories, klik kanan pada shortcut Command Prompt dan pilih Run as Administrator.
  2. Run Command Prompt As Administrator
  3. Jika jendela dialog User Account Control muncul, klik pada tombol Yes.
  4. Jendela User Account Control
  5. Setelah jendela Command Prompt muncul, ketik perintah DISKPART dan tekan Enter. Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut:
  6. Perintah Diskpart di Command Prompt
  7. Sekarang, ketik perintah LIST DISK dan tekan Enter. Perintah ini berfungsi untuk mengetahui nomor flashdisk. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.
    Perintah List Disk di Command Prompt
    Jika hasil perintah tadi menampilkan beberapa nomor disk, USB flashdisk dapat Anda kenali dari kapasitasnya (size). Flashdisk yang saya gunakan berukuran 4 GB. Di gambar bisa Anda lihat ada 3 disk. Disk 1 dan 2 berukuran 149 GB dan Disk 3 berukuran 3818 MB kurang lebih 4 GB. Jadi flashdisk saya berada pada disk 3.Jika flashdisk Anda tidak muncul setelah mengetik perintah tadi, coba cabut dan colokkan ulang flashdisk. Tutup CMD dan ulangi dari langkah pertama lagi.
  8. Jika Anda sudah mendapat nomor disk dari flashdisk, ketik perintah SELECT DISK [NOMOR-DISK]. Ganti [NOMOR-DISK] dengan nomor disk flashdisk yang Anda dapatkan pada langkah ke-4 diatas. Misalnya seperti yang saya sebutkan tadi nomor fdd saya adalah 3. Jadi Perintahnya menjadi SELECT DISK 3. Tekan Enter dan hasilnya seperti gambar berikut.
  9. Perintah Select Disk di Command Prompt
  10. Selanjutnya, ketik perintah-perintah berikut secara berurutan dan tekan Enter setelah mengetik perintah satu-persatu.
    CLEAN
    CREATE PARTITION PRIMARY
    SELECT PARTITION 1
    ACTIVE
    FORMAT FS=NTFS
    ASSIGN
    EXIT
    Hasil dari perintah-perintah diatas tadi bisa Anda lihat pada gambar berikut:
    Membuat Flashdisk Bootable
    Tahan persiapan flashdisk sudah selesai sampai disini. Biarkan jendela CMD tetap terbuka karena Anda masih akan menggunakannya lagi.
  11. Langkah berikutnya adalah mempersiapkan DVD Windows 8 Anda atau me-mount file iso jika Anda hanya mempunyai file iso. Jika Anda mempunyai DVD Windows 8 masukkan DVD tersebut ke DVD drive computer Anda. Jika hanya Anda hanya mempunyai file ISO, mount file iso tersebut menggunakan program PowerISO, Virtual Clone Drive, Daemon dan lain-lain. Setelah itu kenali huruf drive dari DVD Windows 8 Anda melalui Windows Explorer. Pada contoh ini DVD drive saya mempunyai huruf J.
  12. Setelah huruf drive Anda ketahui, ketik perintah berikut pada CMD. CD /D J:\BOOT dan tekan Enter. Ganti huruf J pada perintah dengan huruf drive DVD Windows 8 Anda. Perintah ini berungsi untuk berpindah lokasi ke DVD Windows 8 pada folder Boot.
  13. Perintah CD di Command Prompt
  14. Selanjutnya ketik perintah berikut pada CDM. BOOTSECT.EXE /NT60 K: dan tekan Enter. Ganti K dengan huruf drive flashdisk Anda. Anda bisa melihatnya melalui Windows Explorer. Hasilnya adalah seperti gambar berikut.
  15. Perintah Bootsect di Command Prompt
  16. Langkah terakhir, buka My Computer atau Windows Explorer. Copy semua isi DVD Windows 8 ke USB Flashdisk. Tunggu hingga proses copy selesai.
  17. Copy Isi DVD Windows 8
    Klik gambar untuk memperbesar
Jika proses copy pada langkah terakhir tadi selesai, langkah-langkah pembuatan instalasi Windows 8 dengan flashdisk sudah selesai. Anda bisa menutup jendela CMD dan mencoba flashdisk Anda untuk booting.
Demikian tutorial cara install Windows 8 dari flashdisk.
Semoga bermanfaat.

By Gus Adit 7 January 2013

Last Episode

SLOT IKLAN 300x260

Tag :
Anda Sedang Membaca Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk, Anda Sedang Berada di Artikel Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk, Artikel terkait dengan Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk, Anda bisa Share Artikel Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk Jika menarik.
0 Komentar untuk "Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk"