Merubah Tampilan Screen Windows 8 di Windows 7, XP dan Vista

Diposting oleh : Arlia | Dirilis : 5:41 PM | Series :

By Gus Adit


Bagi Anda yang belum melakukan installasi Windows 8 mungkin ingin merasakan tampilan Windows 8 pada Windows 7, Windows Vista atau Windows XP Anda. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan tutorial cara mendapatkan tampilan Windows 8 di Windows 7, Xp, atau Vista Anda. Walaupun tampilan ini hanya sebatas tampilan Start Screen bertipe Metro yang merupakan fitur baru di Windows. Cara ini tidak akan mengubah atau memodifikasi file system Anda. Jadi menurut hemat saya, cara ini relatif aman bagi system Anda.

Cara Mendapatkan Tampilan Windows 8 di Windows 7, XP dan Vista

Agar Anda bisa mendapatkan tampilan Windows 8 di Windows 7, XP maupun Vista, Anda mendownload beberapa tool yang telah saya sebutkan tadi terlebih dahulu yaitu Omnimo dan Rainmeter. Berikut link download kedua file tersebut:
  • Rainmeter
    Pada halaman download rainmeter, saya saran kan Anda menggunakan versi final dan bukan versi beta. Pada saat artikel ini dibuat versi Final Rainmeter yang tersedia adalah versi 2.4.
  • Onimo for Rainmeter
    Omnimo saat artikel ini saya buat telah mencapai veri 5.0. Omnimo 5.0 ini membutuhkan Raimeter minimal versi 2.2. Perlu Anda ketahui, efek Aero tidak tersedia di Windows XP.
Setelah Anda selesai mendownload kedua file tadi, sekarang saatnya menginstall kedua tool tersebut ke komputer Anda. Pertama Install terlebih dahulu Rainmeter. Installasi Rainmeter cukup mudah, Anda tidak perlu melakukan pengaturan apapun. Anda hanya perlu mengeksekusi/klik 2 kali file Rainmeter.exe hasil download tadi. Lanjutkan dan ikuti proses install dengan mengklik tombol Next pada jendela setup wizard hingga muncul tulisan Rainmeter has been installed on your computer. Klik tombol Finish untuk menutup jendela setup.
Setelah Rainmeter terisntall di komputer, kini saatnya Anda menginstall Omnimo. Caranya sebagai berikut:
  1. Ekstrak file Omnimo yang Anda download tadi menggunakan WinRar, WinZip atau software lainnya.
  2. Setelah selesai, buka lokasi hasil ekstrak dan eksekusi atau double click file bernama SETUP.rmskin
  3. File Setup Omnimo
    Klik gambar untuk memperbesar
  4. Pada jendela Omnimo 5 Setup yang muncul, klik tombol Install dan tunggu beberapa saat.
  5. Jendela Setup Omnimo
    Klik gambar untuk memperbesar
  6. Selanjutnya akan muncul jendela pertama konfigurasi Omnimo, pada jendela pertama ini Anda bisa mengatur format waktu 12/24 jam, satuan suhu menggunakan Fahrenheit atau tidak, serta pilihan Icon Desktop ditampilkan atau tidak. Saya sarankan biarkan saja pengaturan yang sudah ada dan lanjutkan dengan mengklik gambar anak panah yang ada di sebelah kanan.
  7. Jendela Konfigurasi Omnimo
    Klik gambar untuk memperbesar
  8. Berikutnya akan muncul pilihan bahasa/language. Pilihlah bahasa yang Anda inginkan dengan mengklik pada salah satu bahasa. Disini saya memilih English sebagai bahasa yang saya inginkan.
  9. Pilih Bahasa Tampilan
    Klik gambar untuk memperbesar
  10. Selanjutnya pilih theme/tema yang Anda inginkan dengan mengklik salah satu tema dari 3 theme yang disediakan. Agar tampilan sangat mirip dengan Windows 8, saya lebih memilih nomor 2.
  11. Pilih Tema Tampilan Windows 8
    Klik gambar untuk memperbesar
  12. Setelah Anda mengklik salah satu tema, maka akan muncul pilihan resolusi layar. Secara default, resolusi layar yang sedang Anda gunakan saat ini akan di-highlight dengan warna hijau. Klik pada resolusi yang Anda inginkan.
  13. Pilih Resolusi Layar
    Klik gambar untuk memperbesar
Kini semuanya sudah selesai dan Anda akan melihat tampilan Windows 8 khususnya start screen pada desktop Windows 7, XP, atau Vista Anda.
Tampilan Strat Screen Windows 8 di Windows 7
Klik gambar untuk memperbesar
Untuk menambahkan panel atau item dari Gallery lain ke layar, Anda bisa mengklik tanda +/plus disebelah tulisan Click here for Gallery. Selanjutnya pada menu yang muncul, klik item yang Anda ingin tambahkan baik itu, Panels, Text Items, Extras atau Styles. Sebagai contoh saya akan menambahkan item Panel, maka saya pilih Panels pada menu.
Menambahkan Panel Baru
Setelah itu akan terbuka beberapa pilihan panel pada Gallery. Klik salah satu panel yang dinginkan untuk menampilkannya ke layar.
Gallery Panel
Klik gambar untuk memperbesar
Apabila Anda ingin menambahkan item baru ke Gallery selain yang sudah tersedia, baik itu Panel, add-on, dan lain-lain, Anda bisa mendownload Omnimo add-on packs di halaman Add-on Omnimo.
Demikian cara mengubah tampilan Windows 7, Xp dan Vista ke Windows 8 khususnya pada Layar Start atau Start Screen. Dengan tutorial ini Anda dapat merasakan tampilan Start Screen Windows 8 di Windows 7, XP mauapun Vista Anda. Selamat mencoba.
Spesifikasi komputer yang saya gunakan dalam tutorial ini adalah Processor AMD Athlon 64 X2, RAM 4 GB dan OS Windows 7 Ultimate.


http://www.mypc-spot.com

Last Episode

SLOT IKLAN 300x260

Tag :
Anda Sedang Membaca Merubah Tampilan Screen Windows 8 di Windows 7, XP dan Vista, Anda Sedang Berada di Artikel Merubah Tampilan Screen Windows 8 di Windows 7, XP dan Vista, Artikel terkait dengan Merubah Tampilan Screen Windows 8 di Windows 7, XP dan Vista, Anda bisa Share Artikel Merubah Tampilan Screen Windows 8 di Windows 7, XP dan Vista Jika menarik.
0 Komentar untuk "Merubah Tampilan Screen Windows 8 di Windows 7, XP dan Vista"