Cara Simple menghitung IP Address

Diposting oleh : Garenk Punk | Dirilis : 8:53 PM | Series :
hay para pembaca yang budiman....:-p
pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing tentang cara sederhana untuk menghitung IP Address, referensi yang saya peroleh dari :http://www.binushacker.net/.
okey, langsung aja kita mulai, biar g terlalu panjang dan lebar...hehehe..
contoh ip (private) adalah : 192.168.1.1,   ip di atas bisa di jabarkan dalam bentuk bit sebagai berikut :
  • 192 = 11000000
  • 168 = 10101000
  • 1 = 00000001

Kita Mulai Cara Gampang Hitung IP Address

NB : contoh kasus adalah mencari , NA (Network Address) , BA (Broadcast Address), Usable Host (Host yang bisa digunakan), Subnet Mask dah itu aja.
1.  IP : 202.30.2.58 / 26
2. IP : 10.10.5.17 /25
3. IP : 111.125.30.16 / 28
tiga soal diatas adalah sebagai bahan latihan aja, jd g usah banyak-banyak dlu yach biar g puyenk, kan masih ntahap belajar...:-)
yang paling utama adalah harus hafal (atau tulis di tangan) lompatan Subnet Masknya (ga tau istilah aslinya ya), lompatannya adalah

128, 192 , 224, 240, 248, 252, 254, 255

Dimana setiap lompatan mewakili subnetnya masing-masing dan bitnya (ada 8 bit total). Nah mulai gampang kan :D . Angka dari lompatan ini berlaku untuk semua oktet dalam IP address versi 4 ini. Baik berupa /8 hingga /30 semua berlaku. Biar gampangnya kita ambil contoh untuk no. 1
- IP : 202.30.2.58 / 26 =  Berarti menggunakan lompatan 192 di mana subnet masknya adalah 255.255.255.192  bisa di artikan juga lompatan sebagai = subnet mask
Sekarang kita hitung NA (network addressnya) : rumus yang biasa saya terapkan untuk diri sendiri :p adalah : ujung host (254) – subnet yg di hitung (192) jadi hasilnya adalah
254 – 192 = 62 , nah 62 ini adalah jumlah host yang bisa di gunakan mulai dari 1 – 62 , 64 – 125 dst , nah sudah mulai cerah kan :p, setelah dapat 62 ini kita lihat soalnya lagi, 202.30.2.58
berarti dia masih termasuk di range 1 – 62 di mana NAnya adalah 202.30.2.0 dan Broadcastnya (BA) adalah 202.30.2.63
Usable hostnya ? Dari 202.30.2.1 - 202.30.2.62

Semoga bermanfaat yach...
dan jangan lupa tinggalkan komentar anda, karena itu sangat membangun buat kami...

Last Episode

SLOT IKLAN 300x260

Tag :
Anda Sedang Membaca Cara Simple menghitung IP Address, Anda Sedang Berada di Artikel Cara Simple menghitung IP Address, Artikel terkait dengan Cara Simple menghitung IP Address, Anda bisa Share Artikel Cara Simple menghitung IP Address Jika menarik.
0 Komentar untuk "Cara Simple menghitung IP Address"